0

JALUR ALTERNATIF TETAP AKAN DISEDIAKAN OLEH DISHUB KARENA BANYAKNYA PEMUDIK


 Saat ini banyaknya arus mudik membuat Dinas perhubungan dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah juga berencana untuk menyiapkan beberapa rute alternatif yang jika nantinya ada terjadi kemacetan di jalur utama mudik. Rute yang dibuat ini adalah rute yang dimiliki oleh Kabupaten Banyumas. Jadi kan nantinya dinas perhubungan juga akan merekayasa lalu lintas di kawasan yang rawan macet.

Herwaman yang selaku Kepala bidang rekayasa lalu lintas Dinas perhubungan juga menyatakan kalau rute alternatif ini sudah disiapkan dan sudah dipasang sebanyak 300 rambu sebagai penunjuk jalur alternatif. Tujuan dari banyaknya pemasangan rambu pada rute mudik adalah untuk memberitahukan jalur alternatif yang telah tersedia. 

Jalur alternatif ini hanyalah tersedia untuk jalur utama dan juga jalur selatan. Jika nantinya kemacetan terjadi di ruas jalur alternatif, para pemudik pun bisa memanfaatkan jalur utama yang ada. Jalur alternatif saat ini banyak tersebar di jalur tengah dan juga Selatan, ujarnya. 

Dishub juga menyatakan kalau jika ada kemacetan yang terjadi di wilayah timur, maka jalur Somagede-Kemranjen juga telah tersedia. Rute alternatif yang tersedia di jalur Selatan adalah Lumbir-Paningkaban-Ajibarang dan juga sebaliknya. Dan dari jalur timur rute alternatid yang tersedia adalah Lesmana-Jatilawang, Somagede-Kemranjen, Legok-Cilongok dan Notog-Cilongok.

Herwaman juga mengatakan kalau nantinya pada H-3 Lebaran ini pasti akan terjadi peningkatan volume kendaraan sampai 100% yang ada di jalur Brebes-Banyumas. Arus pada jalur penghubung Pantura dengan jalur tengah antara Brebes-Banyumas yang di titik Pakuncen dan Ajibarang.

Untuk jalur Selatan kemungkinan tidak akan padat, tapi jalur alternatif tetap dibuat untuk mengantisipasi adanya kemungkinan gangguan lalu lintas dan juga lainnya. Jadi jalur alternatif ini tetapi disediakan karena sekarang pada malam hari sering kali terjadi hujan dengan intensitas tinggi. 

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top