0


Kentut ternyata menjadi pertanda kondisi tubuh. Sulit atau tidak bisa kentut mengindikasikan berbagai gangguan pencernaan, mulai dari sekadar salah makan hingga kanker. “Sulit kentut bisa di akibatkan gangguan enzim atau ketidak seimbangan flora dalam system pencernaan. Hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan atau mengonsumsi suplemen atau mengembalikan kondisi tubuh,”kata konsultan saluran cerna Rs Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH.

Dr Ari menjelaskan, beberapa jenis makanan memang meningkatkan produksi gas dalam perut. Misalnya apel yang berukuran lebih besar, kentang, dan kol. Produksi yang berlebihan otomatis meningkatkan pengeluaran gas dari dalam tubuh.

Bila kita kentut tidak juga kembali normal, Dr Ari menyarankan segera berkonsultasi ke dokter menurut dr Ari ada beberapa kondisi yang memang membutuhkan tindakan medis untuk mengatasinya. Misalnya, pada pasien yang mengalami sulit kentut atau gangguan pencernaan usai operasi Caesar beberapa kali. Penyempitan usus setelah operasi menyebabkan pasien sulit buang gas hingga merasa kembung.

Kondisi lainnya adalah pada pasien kanker usus besar, yang frekuensi kentut nya kadang terganggu. Bila kentut, aroma yang muncul sangat busuk hingga mengganggu orang di sekitarnya. Aroma busuk muncul akibat inflamasi pada usus yang harus di tangani secepatnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top