0


Bahaya dari minuman bersoda sudah banyak di bahas dalam berbagai penelitian. Paling baru, mengonsumsi minuman soda dapat meningkatkan peluang berkembangnya diabetes jenis tertentu lebih besar di banding makanan minuman lain yang mengandung fruktosa.

Penelitian yang dilakukan dengan St. Michael Hospital di Toronto mengungkap bahwa minuman soda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ketika di bandingkan dengan jenis minuman dan makanan yang mengandung fruktosa lain, minuman bersoda ini memiliki risiko yang jauh lebih besar dalam meningkatkan diabetes tipe 2. Hal ini terutama pada makanan alami yang mengandung fruktosa.

Makanan seperti buah-buahan, sayur serta madu yang mengandung fruktosa alami di sebut tak memiliki bahan tersebut. Sebagai makanan tersebut tidak memiliki dampak negative pada tingkat gula darah. Hal ini di tambah lagi dengan nutrisi rendah yang dapat memiliki efek berbahaya.

Hasil temuan ini di dapat oleh peneliti setelah memperhatikan data 155 yang berbeda yang mengukur efek dari berbagai sumber makanan yang mengandung fruktosa pada tingkat gula darah. Penelitian di lakukan baik terhadap orang dengan diabetes atau tanpa diabetes selama 12 minggu.

Peneliti bahkan mengungkap bahwa buah-buahan dan jus buah melah memiliki efek baik pada gula darah dan mengontrol insulin terutama pada orang dengan diabetes. Makanan jenis ini juga tidak menambah kalori yang di kandungnya.

“Terutama ini dapat membantu rekomendasi panduan sumber makanan penting dari fruktosa dalam mencegah dan mengelola diabetes,”ungkap peneliti, John Sievenpiper.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top