0

Anies Baswedan Membagikan Ribuan Kartu Pekerja

Anies Baswedan Membagikan Ribuan Kartu Pekerja

Gubernur Jakarta Anies Baswedan secara simbolis membagikan ribuan Kartu Pekerja untuk pekerja dengan kartu identitas Jakarta (KTP). Kartu Pekerja sebelumnya didistribusikan oleh Kantor Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam empat tahap sejak November 2018.

“Total jumlah orang yang mendapatkan Kartu Pekerja di Jakarta saat ini 3.070 pekerja. Sebelumnya kami menyerahkan 1.564 kartu, ”kata Anies di Pasar Sentral Jakgrosir Kramatjati, Jakarta Timur, Senin pagi, 31 Desember.

Anies Baswedan menjelaskan bahwa ribuan pekerja yang menerima Kartu Pekerja telah diverifikasi oleh Dinas Tenaga Kerja Jakarta. Para pekerja di Jakarta dapat menggunakan Kartu Pekerja untuk naik Transjakarta secara gratis, membeli makanan pokok di Jakgrosir, dan mendapatkan subsidi makanan setiap bulan.

Gubernur menerbitkan kebijakan Kartu Pekerja setelah menetapkan Upah Minimum Jakarta (UMP) 2019 seharga Rp3.940.973,06. Ini mengikuti peraturan pemerintah No. 78 tahun 2015, yang mengatur kenaikan upah hanya 8,03 persen. Ini lebih kecil dari yang diminta oleh pekerja, yaitu Rp4.373.820,02.

Anies Baswedan percaya bahwa dengan subsidi, pekerja dapat memenuhi kebutuhan bulanan mereka. Namun, distribusi Kartu Pekerja masih jauh dari target yang dinyatakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Andri Yansyah, yaitu 744.662 kartu pada akhir 2018.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top