0


Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng, Kombes Pol Wachyono mengatakan, peredaran narkoba di wilayah melalui jalur laut masih di waspadai Walaupun Jateng bukan merupakan jalur utama peredaran barang haram itu.

“Jalur laut menjadi perhatian karena kasus pengungkapan narkoba sebelumnya memang melalui kawasan itu,” katanya, Selasa (25/12). Untuk itu, dia meminta dukungan masyarakat luas dalam memerangi peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang lainya.

Apalagi, Wachyono menambahkan, pemakai narkoba saat ini ada perubahan dari sebelumnya kalangan ekonomis ke atas. Namun seiring perkembangan mereka mulai sadar hukum karena ketika terlibat dalam menyalahgunakan narkoba ancaman hukuman cukup berat.

Sementara pelaku penyalahgunaan narkoba saat ini, dia menjelaskan, lebih banyak dari kalangan pekerja. Sedangkan dari sisi ekonomi merupakan kalangan ekonomi menengah ke bawah yang cenderung belum memiliki kesadaran hukum yang tinggi.

Adapun daerah yang mendapat perhatian serius karena tergolong rawan peredaran narkoba, yakni Kota Semarang dan Solo Raya, keduanya merupakan kota besar. Untuk saat ini, kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Polda Jateng memang tidak perlu mengkhawatirkan karena mayoritas temuannya terbilang berukuran kecil.

“Karen penanggulangan narkoba menjadi prioritas pemerintah, maka semua jajaran memang perlu mewaspadai peredarannya dari semua lini,” tutup Wachyono. Apalagi, dia menambahkan, peredaran narkoba tersebut tidak hanya karena factor bisnis semata, namun ada upaya menghancurkan generasi muda di Tanah Air untuk tujuan tertentu.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top