0

BMKG: Badai Matahari Tidak Berdampak Pada Cuaca Di Jakarta

BMKG: Badai Matahari Tidak Berdampak Pada Cuaca Di Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menyatakan bahwa badai matahari yang dilaporkan menuju Bumi hari ini, 15 Maret, berdampak kecil terhadap cuaca di Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Juru bicara BMKG, Hary Tirto Djatmiko menjelaskan bahwa badai pada dasarnya tidak akan mempengaruhi Indonesia karena negara itu dilintasi oleh ekuator Bumi.

"Indonesia terletak di garis khatulistiwa sehingga memiliki kemungkinan rendah untuk mengalami masalah yang disebabkan oleh badai geomagnetik ini," kata Hary dalam pernyataan tertulis Jumat, 15 Maret.

Hary menjelaskan bahwa badai matahari adalah masalah sementara di magnetosfer Bumi karena interaksi angin matahari dan medan magnet bumi. Fenomena itu, lanjutnya, secara teratur terjadi akibat coronal mass ejection (CME).

Badai matahari, lanjutnya, tidak akan mempengaruhi cuaca negara itu. Sedangkan untuk daerah di lintang tinggi akan mengalami masalah kecil pada sistem satelit dan jaringan listrik. "Tapi kemungkinannya rendah," Hary menyimpulkan.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top