0

Ribuan Orang Melakukan Ritual Nyepi Di Candi Prambanan

Ribuan Orang Melakukan Ritual Nyepi Di Candi Prambanan

Dalam persiapan untuk Hari Raya Hindu (Nyepi), ribuan orang melakukan upacara Tawur Agung Kesanga hari ini, 6 Maret 2019, di Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta.

Selain dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, orang-orang juga datang dari Bali dan kota-kota Indonesia lainnya. Ritual tersebut dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin atas nama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ketua Dewan Agama Hindu Indonesia (PHDI), pensiunan Mayor Jenderal Wisnu Bawa Tenaya, mengatakan bahwa tujuan dari prosesi Tawur Agung Kesanga adalah untuk membangun harmoni dengan unsur-unsur alam; air, udara, bumi, api, dan ruang.

"Dalam kondisi ketidakharmonisan ini, kelima unsur itu dapat menyebabkan bencana bagi semua makhluk, sehingga kelima unsur itu harus diintegrasikan untuk mencapai kebahagiaan bagi alam semesta dan semua makhluk," tambah Wisnu.

Lebih lanjut Wisnu meminta semua orang, terutama generasi milenial, untuk memiliki impian. Namun, ia juga mencatat bahwa mimpi tersebut tidak dapat dipisahkan dari impian nasional dan negara. Wisnu menambahkan, impian Republik Indonesia adalah mencapai kemerdekaan, persatuan, dan kemakmuran.

Sementara itu, Menteri Lukman mengundang komunitas agama Hindu untuk mendukung pemilihan umum 2019 yang damai.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top