0


Presiden China Xi Jinping menyatakan Itali ingin bergabung dengan China dalam menghidupkan kembali Jalur Sutera Kuno menurutnya, Itali ingin mempererat hubungan dagang dan invertasi dengan China. Pernyataan tersebut ia sampaikan Jumat (23/3) saat perjalanan menuju ke Roma, Itali. Sebagai informasi, Xi pekan ini memang menggelar kunjungan kenegaraan ke Italia.

Di italia, Xi rencana nya akan menandatangani perjanjian penting terkait keikutsertaan Negara tersebut dalam Belt and Road Initiative yang di gagas China. Kalau penandatangan jadi di lakukan, Italia akan menjadi Negara anggota Kelompok Tujuh yang bergabung dengan proyek raksasa China tersebut.

"Kami memang ingin merevitalisasi Jalur Sutera kuno agar dapat berbagi buah dari kemajuan umat manusia supaya lebih baik," kata Xi setelah pembicaraan dengan Presiden Italia Sergio Mattarella seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/3).

Selain melakukan kesepakatan tersebut, Itali dan China juga akan melakukan penandatanganan sebagai perjanjian. Total nilai yang di tandatangani oleh kedua Negara tersebut di perkirakan bisa mencapai US$ 7,9 miliar.

Kesepakatan tersebut salah satunya dicapai dalam pembukaan pelabuhan utara Trieste dan Genoa ke peti kemas China. Kedekatan Italia untuk lebih dekat dengan Beijing tersebut telah menimbulkan kekhawatiran Washington dan sekutunya. Bahkan, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mendesak Roma untuk tidak memberikan legitimasi kepada China untuk mengembangkan infrastrukturnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top