0

Pulau Komodo Akan Ditutup Sementara Pada Tahun 2020

Pulau Komodo Akan Ditutup Sementara Pada Tahun 2020

Pulau Komodo di Manggarai Barat akan terlarang bagi kegiatan pariwisata pada 2020. Keputusan itu diambil setelah pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Pertemuan itu menyimpulkan bahwa Pulau Komodo akan ditutup sementara pada Januari 2020," kata juru bicara pemerintah NTT Marius Jelamu pada Jumat, 29 Maret.

Penutupan ini sebagai jawaban atas dugaan kasus penyelundupan 41 komodo yang dijual ke luar negeri dengan harga masing-masing Rp500 juta. Kasus penyelundupan hewan langka yang dilindungi terungkap oleh Polda Jawa Timur.

Setelah pertemuan dengan direktur jenderal kementerian sumber daya alam dan konservasi ekosistem, Marius Jelamu menggarisbawahi bahwa penutupan hanya akan berlaku di Pulau Komodo saja, tidak semua area konservasi.

Marius terus mengatakan penutupan akan memberikan pemerintah waktu untuk melakukan konservasi untuk memastikan stok makanan komodo dan melestarikan alam dan lingkungan di pulau itu, misalnya, menanam tanaman endemik di Nusa Tenggara Timur.

“Itu adalah rencana kami untuk mengelola Taman Nasional Komodo khususnya Pulau Komodo pada tahun 2020,” kata Marius, menambahkan bahwa penutupan tersebut diharapkan dapat meningkatkan populasi dan melestarikan habitat komodo.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top