0


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai saat ini telah terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan agama. Atas nama agama, ada yang merendahkan sesama.

"Saat ini kita rasakan penyimpangan, penyalahgunaan terhadap agama yang kemudian kita merasakan orang, saudara kita, sesama kita sebagian di antara kita justru atas nama agama mereka merendahkan antarsesama kita. Mereka saling menebarkan kebencian, amarah, murka atas nama agama. Itu sesuatu yang sesungguhnya sama sekali bukan watak, bukan karakter agama, bukan jati diri agama karena esensi ajaran agama adalah mengayomi, merangkul umat manusia," jelas Lukman kepada wartawan di Makassar, Sabtu (2/3).

Menurutnya, semua agama mengajarkan hal yang sama kepada manusia, menjaga harkat martabat manusia. Kemenag, lanjut Lukman, terus mempelopori moderasi beragama, yaitu beragama secara moderat melawan pemikiran yang ekstrem atau berlebihan.

"Karena agama itu tentu ajarannya pasti moderat tapi cara kita memahami agama, cara mempraktikkan, ajaran agama boleh jadi kita terjerumus atau terjerembab pada bentuk pengamalan yang berlebihan," pungkasnya.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top