0

Jokowi Percaya Pada Kemampuan TNI Mempertahankan Indonesia

Jokowi Percaya Pada Kemampuan TNI Mempertahankan Indonesia

Calon presiden Indonesia nomor 01 Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan dalam putaran keempat debat presiden 2019 bahwa ia masih sangat percaya pada kemampuan Angkatan Bersenjata Indonesia (TNI) dalam mempertahankan kedaulatan wilayah negara.

"Sekali lagi saya masih sangat percaya pada TNI kami dalam membela kedaulatan Indonesia, saya masih sangat percaya," kata Jokowi saat debat presiden keempat di Hotel Shangri-La di sini pada Sabtu malam.

Debat presiden keempat berfokus pada masalah-masalah yang berkaitan dengan Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional.

Menanggapi lawannya, Prabowo  Subianto, pertanyaan kritis tentang hambatan anggaran pertahanan nasional, Jokowi mengakui bahwa pemerintahannya saat ini lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur nasional.

"Pada saat pertumbuhan ekonomi kita menjadi lebih baik, ekonomi global hidup kembali, kita akan dapat menyediakan lebih banyak untuk anggaran militer kita untuk membangun peralatan pertahanan yang lebih baik di masa depan," katanya.

Dia juga mengakui bahwa anggaran pertahanan Indonesia lebih kecil daripada anggaran banyak negara lain.

"Anggaran pertahanan kami memang kecil dibandingkan dengan banyak negara lain. Namun, saya masih percaya pada informasi intelijen strategis yang saya terima yang menyatakan bahwa dalam 20 tahun ke depan, tidak akan ada invasi asing," kata Jokowi.

Jokowi juga berpendapat bahwa Indonesia, dalam waktu dekat, harus lebih fokus dalam menghadapi tantangan keamanan internal, terutama konflik.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top