0


Pemimpin Korea Utara, kim Jong-un, sudah tiba di rumahnya pada Selasa (5/3) setelah menempuh perjalanan panjang menggunakan kereta usai bertemu dengan Presiden Donald Trump di Vietnam pekan lalu.

Kim Jong-un tiba di rumahnya pada hari Selasa setelah menyelesaikan kunjungan nya ke Republik Sosialis Vietnam," demikian pernyataan dalam kantor berita resmi Korut, KCNA. KCNA melaporkan bahwa kereta yang ditumpangi Kim tiba di stasiun Pyongyang sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Ketibaan Kim itu mengakhiri perjalanan sejauh 4.000 kilometer dari Vietnam melalui jalur China. Perjalanan tersebut dilakukan setelah pertemuannya dengan Trump di Vietnam berakhir tanpa ada kesepakatan denuklirisasi.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan di Hanoi tersebut, Trump membeberkan bahwa AS sebenarnya sudah menyiapkan satu dokumen kesepakatan yang dapat ditandatangani usai konferensi tingkat tinggi dengan Kim. Namun, Trump memilih untuk tak meneken dokumen apa pun karena tidak mencapai kesepakatan mengenai denuklirisasi.

Menurut Trump, Kim menawarkan menutup kompleks nuklir Yongbyon dengan timbal balik AS mencabut sanksi atas Korut. Sementara itu, Trump ingin Korut melucuti senjata nuklirnya secara keseluruhan, baru AS dapat mencabut sanksi atas negara pimpinan Kim tersebut.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top