0


Presiden Joko Widodo menyampaikan infrastruktur menjadi penting untuk menguranti ketimpangan antara Jawa dan Papua yang di sebut bagaikan langit dan bumi. Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Festival Satu Indonesia pada Minggu (10/3). Dia menuturkan pembangunan tak hanya berpusat di Jawa saja, namun juga Sumatera hingga Papua.

BACA JUGA : VLADIMIR PUTIN MENJADI ORANG TERKAYA DI DUNIA APAKAH BENAR ?

Salah satunya, dia menyebut soal fasilitas transportasi. Pada 2014, Jokowi mengetahui bahwa warga harus menempuh empat hari empat malam untuk bepergian dari Wamena ke Nduga. Saat itu, kata Jokowi, Panglima TNI sempat melarangnya untuk bepergian ke Nduga karena persoalan keamanan.

Ketika menaiki helicopter, Jokowi melihat kondisi aspal yang minim di Nduga. Dia akhirnya memutuskan untuk membangun jalan di papua.” Betapa yang namanya perbedaan, ketimpangan di Jawa dan Papua seperti bumi dan langit,” kata Jokowi. Dengan pembangunan jalan, jarak Wamena-Nduga bisa ditempuh dalam waktu 6 jam saja. Oleh karena itu, dia menuturkan, infrastruktur menjadi penting untuk keadilan bagi warga Indonesia.

Sepanjang 2015-2019, pemerintahan Jokowi menargetkan penyelesaian Trans Papua sepanjang 1.066 km. Dengan demikian, jalan Trans Papua sepanjang 4.330 km di Provinsi Papua Barat dan Papua ditargetkan tembus pada 2019.

Meski belum seluruhnya beraspal, terbukanya sebagian besar jalan, terutama di daerah Pegunungan Papua diharapkan akan membuka keterisoliran dan menurunkan harga barang-barang. Sepanjang 2015-2017, pembangunan jalan ini telah menelan anggaran pemerintah mencapai Rp18 triliun.

BACA JUGA : BEBERAPA DERETA POLITIKUS YANG TERJARING KASUS NARKOBA

Jalan Trans Papua yang telah dibangun sejak kepresidenan BJ Habibie itu direncanakan menghubungkan provinsi Papua Barat dan Papua dengan target total panjang 4330,07 kilometer. Proyek Trans Papua itu sempat mengalami kendala keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata. Hal ini pun membuta pembangunan jembatan di ruas jalan Wamena sampai Mamugu di Papua terhambat.

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

 
Top